PENGERTIAN DAN PROSES TERJADINYA TSUNAMI



 Defenisi Tsunami
Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu tsu yang berarti pelabuhan, dan nami yang berarti gelombang.
Pengertian Tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut, gempa bumi yang berpusat di bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. 
Gelombang tsunami ini dapat merambat ke segala arah. Di laut yang dalam, gelombang tsunami berjalan dengan kecepatan  sampai dengan 1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. 
Ketinggian gelombang di laut yang dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. tapi Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter.

Penyebab Terjadinya Tsunami

Tsunami dapat terjadi jika akibat letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun akibat jatuhnya meteor di laut. paling sering gelombang tsunami terjadi akibat gempa bumi bawah laut. selain itu beberapa tsunami juga diakibatkan oleh gunung meletus, contohnya tsunami yang terjadi ketika meletusnya Gunung Krakatau.
Gerakan vertikal pada kerak bumi, menyebabkan dasar laut menjadi naik atau bisa saja turun secara tiba-tiba, akibatnya terjadilah gamngguan pada keseimbangan air laut. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.
Leave a Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments